Ekstrimis Israel Serukan Bongkar Kubah Batu di Kompleks Al Aqsa Untuk Jadi Kuil Yahudi

ONEINNEWS.COM - Sebuah organisasi sayap kanan Israel bernama Lehava mengunggah postingan kontroversial yang memuat seruan untuk membongkar ...



ONEINNEWS.COM - Sebuah organisasi sayap kanan Israel bernama Lehava mengunggah postingan kontroversial yang memuat seruan untuk membongkar Kubah Batu (Dome of the Rock) atau Kubah Shakhrah di komplek Al Aqsa demi membangun kuil bagi Yahudi.

Sebagai Informasi, Kubah Shakhrah merupakan bangunan segi delapan yang berkubah emas dan berdiri di tengah komplek Masjid Al Aqsa. 

Di dalam Kubah ini terdapat batu Ash-Shakhrah yang menjadi tempat suci bagi umat Islam dan Yahudi. 

Bersama Masjid Al Qibli, Kubah Shakhrah menjadi bangunan utama di komplek Masjid Al Aqsa.

Seruan penghancuran Kubah Batu di Al Aqsa ini diungkapkan oleh pemimpin Lehava, Bentzi Gopstein yang meminta para pemukim Yahudi Israel untuk berkumpul dan melakukan pembongkaran situs suci umat Islam tersebut, nanti pada tanggal 29 Mei.

Tanggal 29 Mei dipilih karena hari itu bertepatan dengan perayaan Hari Yerusalem, hari libur  Israel yang jatuh pada tanggal 28 lyar dalam kalender Ibrani.

Hari Yerusalam nampak begitu spesial karena merupakan perayaan tahunan atas keberhasilan pasukan Israel mencaplok wilayah Palestina pada 1967 setelah enam hari berperang. 

Meski sangat jelas jika hal ini merupakan pelanggaran atas hukum internasional.

“Hari Yerusalem yang jatuh pada 29 Mei adalah hari pembongkaran Dome of the Rock akan dimulai," tulis Gopstein seperti dikutip Hops.ID dari laman Middle East Eye pada Jumat 20 Mei 2022.

Seruan pembongkaran ini juga diunggah bersama sebuah poster yang menampilkan gambar eskavator di samping puing-puing Kubah Batu Al Aqsa. Poster tersebut bertuliskan “Kami datang untuk membongkar Dome of the Rock”.

Merespons seruan ini, Kementrian Luar Negeri Palestina mengecam keras kelompok Lehava dan menyebut mereka sebagai kelompok teroris Yahudi. 

Tak ketinggalan, Hamas juga turut melayangkan kecaman atas seruan penghancuran bangunan di kompleks Masjid Al Aqsa ini, kelompok tersebut juga mengibaratkan jika Israel sedang bermain dengan api.

Melalui situs resminya, Hamas menyerukan seluruh umat termasuk para pemimpin untuk senantiasa melindungi Al Aqsa. 

Hamas juga meminta masyarakat internasional untuk mengkriminalisasi organisasi tersebut dan mencegah agar seruan ini tidak berdampak parah ke wilayah lainnya.

“Seruan organisasi Lehava zionis untuk pemukim kolonialis menghancukan Kubah Batu dan membangun kuil mereka pada peringatan pendudukan Yerusalem Timur adalah provokasi langsung kepada rakyat Palestina dan umat Islam,” tulis pernyataan Hamas.

Sebelumnya, rekam jejak Lehava memang erat dengan berbagai seruan provokatif kepada muslim Palestina. Misalnya ketika kelompok tersebut menyerukan mobilitasi dan mengangkat senjata serta melakukan long march meneriakkan “Matilah orang Arab”.

Kelompok ini juga merupakan salah satu kelompok yang berpengaruh dalam mendorong orang-orang Yahudi memasuki situs suci Al Aqsa meski tindakan ini jelas melanggar aturan yang telah disepakati bersama, antara Israel dan Yordania. 

Beberapa aktivis selain Levaha juga sempat menyerukan penghancuran Masjid Al Aqsa dan Kubah Batu demi membangun kembali kuil suci bagi umat Yahudi.

S: hops





Nama

Berita,1649,Internasional,131,kesehatan,4,Nasional,1562,O,4,OPINI,19,Pilihan Editor,4,Religi,2,
ltr
item
ONEinNews.com : Ekstrimis Israel Serukan Bongkar Kubah Batu di Kompleks Al Aqsa Untuk Jadi Kuil Yahudi
Ekstrimis Israel Serukan Bongkar Kubah Batu di Kompleks Al Aqsa Untuk Jadi Kuil Yahudi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheByf1OrS2sPXUhsdWyj5keJlI6RXGsHkMAfez7qWkE10JEQKb1MUFXRD67luk0-GuiRXzLFvopcmRFQNC5NAq0pBf273N3aSOPeTQkHrcXx7EDQfMaqK4K-DIIphDrL9BFz3DPzVzG-89--OAZqKLx3COJPptYmyi1HEFC2xbO-N0_tqnP_ZKUCmb/w640-h470/IMG_20220520_221446.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEheByf1OrS2sPXUhsdWyj5keJlI6RXGsHkMAfez7qWkE10JEQKb1MUFXRD67luk0-GuiRXzLFvopcmRFQNC5NAq0pBf273N3aSOPeTQkHrcXx7EDQfMaqK4K-DIIphDrL9BFz3DPzVzG-89--OAZqKLx3COJPptYmyi1HEFC2xbO-N0_tqnP_ZKUCmb/s72-w640-c-h470/IMG_20220520_221446.jpg
ONEinNews.com
https://www.oneinnews.com/2022/05/ekstrimis-israel-serukan-bongkar-kubah.html
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/2022/05/ekstrimis-israel-serukan-bongkar-kubah.html
true
779480630151985486
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy