Jadi Bur*nan Densus 88, Dwi Dahlia Susanti Ternyata Punya Karir Cemerlang di Instansi Pemerintah, Foto Lawasnya Ramai Dikomentari

ONEINNEWS.COM - Seorang perempuan bernama Dwi Dahlia Susanti menjadi buronan Densus 88 dan Mabes Polri.  Dwi dicari keberadaannya lantaran ...



ONEINNEWS.COM - Seorang perempuan bernama Dwi Dahlia Susanti menjadi buronan Densus 88 dan Mabes Polri. 

Dwi dicari keberadaannya lantaran dia masuk dalam daftar lima fasilitator keuangan ISIS yang dirilis oleh Kantor Pengawasan Aset Asing (OFAC) Departemen Keuangan Amerika Serikat (AS). 

Ternyata Dwi Dahlia sempat punya karir cemerlang di instansi pemerintah. Foto lawasnya dikomentari. 

Dwi Dahlia Susanti mendadak viral usai namanya masuk dalam daftar hitam yang dikeluarkan Departemen Keuangan AS itu. 

Pada Selasa (10/5/2022), AS merilis 5 fasilitator keuangan asal Indonesia yang disebut disebut memainkan peran kunci dalam memfasilitasi perjalanan ekstremis ke Suriah dan daerah lain lokasi ISIS beroperasi.

Dalam laporannya yang mengejutkan publik Tanah Air, AS menyebutkan, Dwi Dahlia dan keempat rekannya itu sudah melakukan transfer keuangan untuk mendukung upaya ISIS di kamp-kamp pengungsi yang berbasis di Suriah dengan mengumpulkan dana di Indonesia dan Turki. 

Dwi tentu saja tidak bergerak seorang diri. Dia memiliki jaringan yang mendukung kegiatan ISIS yang terlarang itu. 

Menurut AS, sebagian dana itu digunakan untuk membayar penyelundupan anak-anak keluar dari kamp dan mengirimkannya ke pejuang asing ISIS sebagai calon rekrutan.

Pengumuman dan pemberian sanksi ini bertepatan dengan pertemuan ke-16 Counter ISIS Finance Group (CIFG) Global Coalition to Defeat ISIS. 

Amerika Serikat, Italia, dan Arab Saudi ikut memimpin CIFG-yang terdiri dari hampir 70 negara dan organisasi internasional-dan mengoordinasikan upaya melawan jaringan dukungan keuangan ISIS di seluruh dunia.

AS juga sudah memerinci nama dan peran kelima orang yang disebut beroperasi di Indonesia itu.

Menindaklanjuti hal tersebut, Densus 88 Antiteror Polri telah melaksanakan pemantauan secara intensif terhadap lima WNI tersebut.

"Densus sudah laksanakan pemantauan terus ke-5 WNI tersebut," kata Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo saat dimintai konfirmasi, Rabu (11/5/2022).

Dedi mengatakan Polri akan berkoordinasi dengan Hubinter guna mencari keberadaan kelima WNI tersebut. 

Selain itu, Polri akan bekerja sama dengan Interpol negara terkait. Polri juga mengungkap terkait dugaan keberadaan dan status para fasilitator keuangan ISIS ini.

Dwi Dahlia Susanti disebut telah menjadi fasilitator keuangan ISIS setidaknya sejak 2017 dan telah membantu anggota ISIS lainnya dengan pengiriman uang yang melibatkan individu di Indonesia, Turki, dan Suriah.

AS mengatakan, pada akhir 2017, Susanti membantu suaminya mengirimkan hampir USD 4.000 dan senjata kepada seorang pemimpin ISIS. 

“Pada akhir 2017, Susanti membantu suaminya mengirimkan hampir 4.000 dollar AS dan senjata kepada seorang pemimpin ISIS,” tulis Departemen Keuangan AS, Rabu (11/5/2022).

AS menyebut Susanti mengalihkan sekitar USD 500 dari dana tersebut untuk para pendukung ISIS di jaringannya sendiri. 

Pada awal 2021, Susanti disebut telah memfasilitasi pengiriman uang dari Indonesia ke Suriah untuk memberikan dana kepada individu-individu di kamp-kamp pengungsi yang diduga digunakan untuk menyelundupkan anak-anak remaja keluar dari kamp ke padang pasir, di mana mereka diterima oleh pejuang asing ISIS, kemungkinan sebagai rekrutmen anak-anak untuk ISIS.

Berdasarkan dokumen perjalanan, Polri menduga kuat saat ini Dwi Dahlia Susanti berada di Idlib, Suriah. Dwi Dahlia Susanti adalah perempuan yang lahir pada 28 Juli 1976.

Sebelum jadi buronan Densus 88 Polri, Dwi Dahlia sempat punya karir cemerlang di instansi pemerintah. 

Dwi mendapatkan gelar sarjana muda atau Diploma 3 setelah menamatkan kuliah di Akademi Keperawatan Departemen Kesehatan. 

Dari situ, dia melanjutkan kuliah ke Fakultas Ilmu Keperawatan di Universitas Padjajaran. 

Rupanya, Dwi berhasil mendapatkan karir cemerlang di Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Tasikmalaya. Dia menjadi dosen di bekas almamaternya itu.

Karena itu. Dwi Dahlia berhasil mendapatkan kesempatan kuliah S2 (magister) di Fakultas Ilmu Keperawatan Universitas Indonesia. 

Dwi berhasil lulus pada Juli 2009. Saat itu, Dwi begitu bangga memamerkan foto wisudanya dengan latar belakang Balairung UI, Depok. 

Saat wisuda S2 di UI, Dwi ditemani suami dan kedua anaknya. Mereka tersenyum bahagia di hari yang penting bagi perempuan berhijab itu. 

S: hops



Nama

Berita,1649,Internasional,131,kesehatan,4,Nasional,1562,O,4,OPINI,19,Pilihan Editor,4,Religi,2,
ltr
item
ONEinNews.com : Jadi Bur*nan Densus 88, Dwi Dahlia Susanti Ternyata Punya Karir Cemerlang di Instansi Pemerintah, Foto Lawasnya Ramai Dikomentari
Jadi Bur*nan Densus 88, Dwi Dahlia Susanti Ternyata Punya Karir Cemerlang di Instansi Pemerintah, Foto Lawasnya Ramai Dikomentari
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhF_nN1N3XPKyTniM27bhy0yRTfL3JaGgXbrJDY6SezeELHxi8g9V-QJONSOYxinM_N5o5BfaIAJIg1LmzJxnff3NRfDXyBaGQ-R9kugxuiyHFZkR5rxtKZYQPCUY4KQNj7MNd8aenMZcescbQ5yGV6KNsh36DXyAFk3QCEP_j-xyYNv3Cghjx-kNqk/w640-h426/IMG_20220512_105545.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhF_nN1N3XPKyTniM27bhy0yRTfL3JaGgXbrJDY6SezeELHxi8g9V-QJONSOYxinM_N5o5BfaIAJIg1LmzJxnff3NRfDXyBaGQ-R9kugxuiyHFZkR5rxtKZYQPCUY4KQNj7MNd8aenMZcescbQ5yGV6KNsh36DXyAFk3QCEP_j-xyYNv3Cghjx-kNqk/s72-w640-c-h426/IMG_20220512_105545.jpg
ONEinNews.com
https://www.oneinnews.com/2022/05/jadi-burnan-densus-88-dwi-dahlia.html
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/2022/05/jadi-burnan-densus-88-dwi-dahlia.html
true
779480630151985486
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy