Momen Haru Saat Ridwan Kamil Bertemu Warga Swiss yang Selamatkan Putrinya

ONEINNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan istri, Atalia, bertemu dengan seorang warga Kota Bern, Swiss, bernama Heinrich...



ONEINNEWS.COM - Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil dan istri, Atalia, bertemu dengan seorang warga Kota Bern, Swiss, bernama Heinrich pada Senin (30/5/2022).

Informasi dari keluarga, putri Ridwan Kamil yakni Camillia Laetitia Azzahra serta satu kawan perempuan Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) berhasil diselamatkan warga saat terbawa arus Sungai Aare,  Kota Bern.

Eril disebut sempat memegang tangan temannya namun setelah itu terlepas dan terbawa arus sungai.
 
KBRI Bern dalam pernyataannya Selasa (31/5/2022) menyatakan, Heinrich merupakan penduduk Bern yang pada saat kejadian turut membantu adik perempuan Eril dan temannya naik ke daratan.

Dalam foto yang diunggah KBRI Bern di portal Kementerian Luar Negeri Indonesia (Kemlu RI), nampak Ridwan Kamil pasrah saat Heinrich memeluknya.

KBRI menyatakan bahwa Heinrich turut menyampaikan simpati yang mendalam kepada Ridwan Kamil dan keluarga.

Sebaliknya, Heinrich menerima apresiasi dan rasa terima kasih dari Ridwan Kamil dan keluarga.

“Bapak Heinrich turut menyampaikan simpati yang mendalam kepada Bapak Ridwan Kamil, serta menerima apresiasi dan rasa terima kasih dari keluarga Saudara Eril,” tulis KBRI Bern.

Sebagaimana diberitakan media massa, KBRI Bern mendapatkan kabar hilangnya Emmeril Kahn Mumtadz atau Eril di Sungai Aare, Kota Bern, Swiss, pada hari Kamis (26/5/2022) pukul 11.24 waktu Swiss.

Upaya pencarian Eril oleh tim SAR melibatkan unsur Polisi, Polisi Maritim, dan Pemadam Kebakaran sebagai pilot drone, serta didukung Pemerintah Kanton Bern.

Pencarian terus dilakukan para aparat kepolisian dengan mengintensifkan pencarian dengan metode jalan kaki, perahu, drone, dan selam.

Pencarian dimulai di pagi hari dan mencakup area dari Eichholz hingga Wohlensee, dan berfokus di antara pintu air Schwelenmaetelli dan Engehalde.

Pencarian dilanjutkan

Emmeril Kahn Mumtadz alias Eril, putra Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil,  belum ditemukan usai hanyut di Sungai Aare, Bern, Swiss sejak Kamis (26/5/2022).

Hingga hari kelima pencarian, belum ada titik terang mengenai hilangnya Eril.

Pihak keluarga mengaku Eril pandai berenang dan punya sertifikat menyelam.

Namun lulusan Fakultas Teknik Mesin dan Dirgantara Institut Teknologi Bandung (ITB) itu dihanyutkan arus deras Sungai Aare.

Sungai Aare dikenal memiliki arus cukup kuat.

Sungai yang populer sebagai tempat wisata di Bern ini juga dikenal bersuhu dingin.

Ketika Eril hanyut, suhu air Sungai Aare dilaporkan berada di tingkat 16 derajat Celsius.

Suhu itu cukup dingin bagi orang yang belum terbiasa.

Martin Heiniger, seorang warga lokal yang telah bermukim di Bern selama 30 tahun, menyebut bahwa sungai itu lebih berbahaya bagi perenang yang tak terbiasa dengan air dingin.

Dikutip dari Kompas.TV pada Selasa (31/5/2022), dia menyarankan jika ingin berenang, harus didampingi oleh perenang yang lebih berpengalaman.

Selain itu, jangan makan terlalu banyak sebelum berenang.

Menurut Heiniger, wisatawan di Aare biasanya berenang atau menghanyutkan diri ketika suhu air melebih 20 derajat Celius.

Namun, kata dia, memang ada sejumlah wisatawan yang pilih menceburkan diri saat air sedingin belasan derajat Celsius.

Heiniger menegaskan pentingnya membiasakan diri lebih dulu dengan air dingin sebelum terjun ke Sungai Aare.

Jika tidak, akibatnya bisa fatal.

“Sangat penting untuk membiasakan diri lebih dulu dengan temperaturnya. Jika itu (temperaturnya) lebih dingin dari yang biasa Anda rasakan, mungkin itu lebih berbahaya karena otot-ototmu bisa keram,” kata Heiniger.

“Saya biasanya akan selalu menceburkan diri lebih dulu, bukan untuk berenang, tetapi sekadar untuk membiasakan diri dengan temperaturnya. Lalu saya akan mentas, menceburkan diri kembali dan coba merasakan apakah akan baik-baik saja atau tidak (untuk berenang),” lanjutnya kepada Kompas.TV.

Heiniger menambahkan ketinggian air dan jalur renang sebaiknya dicek lebih dulu.

Di Aare, terkadang volume arus air lebih besar dari biasanya sehingga menyebabkan banjir lebih lama.

Jalur renang juga perlu dicek dan direncanakan.

Menurutnya, kondisi tiap kelokan sungai berbeda dan dapat memuat batu atau benda lain yang bisa membahayakan.

Lebih lanjut, Heiniger menyarankan calon perenang untuk membawa sesuatu yang bisa mengapung untuk mengantisipasi insiden tak terduga.

Sebelumnya, adik Ridwan Kamil, Elpi Nazmuzaman menyatakan bahwa Eril hanyut sekitar pukul 10.00 waktu setempat.

Saat itu, Eril disebut dihanyutkan arus deras sungai saat hendak naik ke permukaan.

Sungai Aare sendiri memiliki titik-titik yang dibuat untuk menepi perenang.

S: tribunnews


Nama

Berita,1649,Internasional,131,kesehatan,4,Nasional,1562,O,4,OPINI,19,Pilihan Editor,4,Religi,2,
ltr
item
ONEinNews.com : Momen Haru Saat Ridwan Kamil Bertemu Warga Swiss yang Selamatkan Putrinya
Momen Haru Saat Ridwan Kamil Bertemu Warga Swiss yang Selamatkan Putrinya
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVowl_09dxyxOvhWfI7z_yYf6dGrdBSCpEYrkf1Vl5Z-ebAhAIx5l68oCkTtpyNWQ_kWp7HUkgoBroCBN3IEzG7il2Qsp3L7N2RrXrcvdTezf2h4B2Kb6ANEOMt9gKu8YPdbBIirBmv7NP2eohbT7upi2f6pLFqe__C81zERj6izIVG2L9OdI5r6I5/w640-h360/IMG_20220531_133546.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiVowl_09dxyxOvhWfI7z_yYf6dGrdBSCpEYrkf1Vl5Z-ebAhAIx5l68oCkTtpyNWQ_kWp7HUkgoBroCBN3IEzG7il2Qsp3L7N2RrXrcvdTezf2h4B2Kb6ANEOMt9gKu8YPdbBIirBmv7NP2eohbT7upi2f6pLFqe__C81zERj6izIVG2L9OdI5r6I5/s72-w640-c-h360/IMG_20220531_133546.jpg
ONEinNews.com
https://www.oneinnews.com/2022/05/momen-haru-saat-ridwan-kamil-bertemu.html
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/2022/05/momen-haru-saat-ridwan-kamil-bertemu.html
true
779480630151985486
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy