Siswa Asal Tangerang jadi Buronan Internasional, Dihargai 1300 Dollar usai Bikin Jutaan Netizen Rugi

ONEINNEWS.COM - Warganet mendadak dihebohkan dengan kasus seorang siswa berinisial MS berusia 18 tahun asal Tangerang, Banten. Ia masuk dal...



ONEINNEWS.COM - Warganet mendadak dihebohkan dengan kasus seorang siswa berinisial MS berusia 18 tahun asal Tangerang, Banten.

Ia masuk dalam daftar pencarian orang (DPO) internasional.

Donator yang merupakan warganet asal Australia dan Mexico bahkan rela mengeluarkan uang 1300 dollar untuk mendapatkannya.

Netizen internasional benar-benar marah dibuah oleh MS.

Dikutip Posbelitung.co dari Grid.ID seperti melansir dari Medium.com, MS mendadak jadi buruan internasional setelah melaporkan grup meme yang ada di  Facebook.

Awalnya, MS yang mengaku anggota dari Indonesian Reporting Commision (IReC) melaporkan grup Facebook Crossovers Nobody Asked For (CNAF), Non Sense Memes, dan beberapa grup lain.

Akibat laporan IReC, akhirnya grup meme Facebook CNAF dihapus paksa oleh pihak Facebook pada tanggal 13 Mei 2019 lalu.

CNAF merupakan salah satu grup meme Facebook terbesar yang berisi lebih dari 500.000 anggota aktif.

Dikutip dari Papermag.com, beberapa grup yang serupa dengan CNAF juga dikabarkan turut dihapus paksa oleh Facebook imbas laporan MS itu.

Hal ini sontak memberikan kemarahan bagi para member dan netizen yang senang dengan konten di grup meme tersebut.

Sementara itu mengutip situs Know Your Meme, netizen yang marah diketahui berhasil menemukan dalang dibalik penghapusan grup mereka.

Tak hanya nama, salah satu netizen dari Indonesia bahkan berhasil membongkar keseluruhan identitas sang pelapor.

Alhasil, identitas MS seketika terkuak.

Admin IReC berinisial MS itu diketahui berasal dari Tangerang, Banten, dan masih berusia 18 tahun.

Dipantau Grid.ID dari beberapa grup Facebook, data pribadi MS disebar-luaskan habis-habisan.

Tak sampai itu, MS juga dibully secara virtual hanya gara-gara perbuatannya melaporkan grup meme.

Alasan para netizen ini marah ternyata tidak sembarangan.

Gara-gara aksi nekat MS, grup meme kecil serupa ramai-ramai memutuskan untuk mengubah pengaturannya ke privasi atau rahasia.

Mereka pun mengeluarkan beberapa profil yang ketahuan berasal dari Indonesia.

Tak hanya grup konten meme, di beberapa grup lain dengan konten pendidikan maupun grup untuk para pekerja lepas juga melakukan hal yang sama.

Dampaknya, beberapa netizen Indonesia mengaku sampai kehilangan pekerjaan sebagai pekerja lepas gara-gara dikeluarkan dari grup-grup tersebut.
 
MS pun menjadi rawan terkena persekusi karena data pribadi termasuk nama keluarga, data kependudukan, alamat rumah, hingga tempat dia bersekolah tersebar luas.

Semenjak kasus ini menjadi viral dan memicu kemarahan, sebuah page yang berjudul Teman-Teman Bulu Burung (TTBB) mengaku berusaha menemui MS dan mengamankannya dari persekusi nyata.

TTBB mengaku sudah menemui MS dan keluarga mengenai hiruk pikuk yang terjadi dan berusaha menjadi penengah terkait kasus ini.

Hal ini dilakukan karena kabarnya MS benar-benar sudah menjadi buronan internasional.

Bahkan disebut ada netizen dari Mexico yang siap menambah imbalan 1000 dollar Amerika bagi siapapun yang bisa menemukan MS.

Dikutip dari unggahan Facebook TTBB, MS telah mengakui kalau kejadian ini merupakan hasil dari aksinya menghapus grup meme tersebut.

Bahkan MS sudah membuat surat permohonan maaf yang dibubuhi dengan materai bertanda tangan hasil dari negosiasinya dengan pihak TTBB.

Berdasarkan beberapa anggota yang menemui MS, siswa 18 tahun itu mengaku melaporkan beberapa grup meme Facebook raksasa karena dianggap mengandung SARA.

Meski dengan alasan seperti itu, para netizen sepertinya masih marah dengan aksi MS.

Hal ini dikarenakan dampak yang terjadi bagi beberapa netizen Indonesia yang mulai dianggap sebagai netizen beracun atau toxic.

Sementara, beberapa netizen justru membuktikan bahwa sistem yang dimiliki Facebook termasuk sosial media lainnya masih belum layak dan terkesan sepihak. 

S: tribunnews


Nama

Berita,1649,Internasional,131,kesehatan,4,Nasional,1562,O,4,OPINI,19,Pilihan Editor,4,Religi,2,
ltr
item
ONEinNews.com : Siswa Asal Tangerang jadi Buronan Internasional, Dihargai 1300 Dollar usai Bikin Jutaan Netizen Rugi
Siswa Asal Tangerang jadi Buronan Internasional, Dihargai 1300 Dollar usai Bikin Jutaan Netizen Rugi
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoBllzsiCBmEI50YQt6Ke_FG1F-V2NWOkNrRppPslmJq-UsJj9XTxqIGywVX-eFsJ3yVJH3dwHM_Ciz51bb7sX2Lhf0kqA_1t5Brq6GvcpRRzz8abxzTo7U88MW00NGNI3vHDvhdvNYJrQWpIZOuHpHMTIxPhfMH__tTTwIQ0xx-ShIEVk3oZNEO4P/w640-h362/IMG_20220520_222656.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhoBllzsiCBmEI50YQt6Ke_FG1F-V2NWOkNrRppPslmJq-UsJj9XTxqIGywVX-eFsJ3yVJH3dwHM_Ciz51bb7sX2Lhf0kqA_1t5Brq6GvcpRRzz8abxzTo7U88MW00NGNI3vHDvhdvNYJrQWpIZOuHpHMTIxPhfMH__tTTwIQ0xx-ShIEVk3oZNEO4P/s72-w640-c-h362/IMG_20220520_222656.jpg
ONEinNews.com
https://www.oneinnews.com/2022/05/siswa-asal-tangerang-jadi-buronan.html
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/2022/05/siswa-asal-tangerang-jadi-buronan.html
true
779480630151985486
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy