Pantas Namanya Muncul di Kasus Ferdy Sambo, Ternyata Kuwat Maruf Tahu Tragedi Ibu Putri di Sofa

ONEINNEWS.COM - Kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat ( Brigadir J) yang diprakarsai Irjen Ferdy Sambo tak melulu...



ONEINNEWS.COM - Kasus pembunuhan berencana Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat ( Brigadir J) yang diprakarsai Irjen Ferdy Sambo tak melulu melibatkan anggota kepolisian.

Ada satu warga sipil yang turut jadi tersangka pembunuhan berencana Brigadir J.

Dia adalah Kuwat Maruf, sopir sekaligus asisten rumah tangga Putri Candrawathi dan Ferdy Sambo.

Tak punya pangkat atau jabatan mentereng, Kuwat Maruf terancam hukuman mati.

Bukan tanpa alasan Kuwat Maruf dijerat pasal berat.

Sebab Kuwat Maruf nyatanya punya peran penting dalam kasus pembunuhan Brigadir J sempat jadi sorotan.

Pria yang karib disapa dengan nama Om Kuat itu diketahui bersama-sama dengan Brigadir RR dan Bharada E turut menyaksikan prosesi pembunuhan Brigadir J atas perintah Ferdy Sambo, sang majikan.

Saat peristiwa nahas itu terjadi pada 8 Juli 2022, Kuwat Maruf diduga ikut melaksanakan perintah pembunuhan Brigadir J.

Hal itulah yang menjadi penyebab Om Kuat langsung dijadikan tersangka kasus pembunuhan berencana.

Bukan cuma Om Kuat, sangkaan pembunuhan berencana itu juga disangkakan pada Ferdy Sambo dan Brigadir RR.

Ketiganya dijerat pasal pembunuhan berencana pasal 340 subsider Pasal 338 juncto Pasal 55 dan Pasal 56 KUHP.

Usai resmi ditetapkan sebagai tersangka, Kuwat Maruf sempat berkilah.

Ia nyaris melarikan diri dan kabur dari tangkapan polisi.

"Tanggal 7 Richard mengakui perbuatannya, Ricky dan Kuwat ditetapkan sebagai tersangka. Saudara Kuwat sempat akan melarikan diri namun diamankan dan berhasil ditangkap," ujar Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo dalam RDP bersama anggota DPR RI, Rabu (24/8/2022).

Pengancam Brigadir J dan Bharada E

Perihal peran Kuwat Maruf, Komnas HAM sempat mengungkap fakta mengejutkan.

Ternyata Kuwat Maruf adalah pria yang pernah mengancam Brigadir J terkait pembunuhan.

"Kami tanya '(Yoshua) diancam oleh siapa ?'. (Vera jawab) 'diancam skuat-skuat'. (Kita tanya) 'skuat ini siapa ?'. Apa ADC atau penjaga ? sama-sama enggak tahu. Ujungnya nanti kita tahu bahwa skuat itu yang dimaksud adalah Kuwat Maruf, si Kuwat, bukan skuat penjaga," kata Choirul Anam, komisioner Komnas HAM.

Selain itu, Kuwat Maruf juga sempat mengultimatum Bharada Richard Eliezer ( Bharada E).

Usai insiden menegangkan di Magelang yang membuat Putri Candrawathi menangis, Kuwat Maruf adalah sosok yang melarang Bharada E ikut campur.

Padahal saat itu status Bharada E adalah ajudan Ferdy Sambo, suami Putri Candrawathi.

"Ada yang namanya Kuwat (bilang) 'udah, Richard jangan ikut campur'. Karena si Richard enggak mau ikut campur, dia enggak ngerti apa yang terjadi," pungkas Deolipa Yumara, mantan pengacara Bharada E.

Tahu Insiden Sofa di Magelang

Selain jadi pengancam Brigadir J dan Bharada E, Kuwat Maruf ternyata punya peran yang besar di kasus pembunuhan yang direncanakan Ferdy Sambo.

Hal tersebut terkuak saat anggota DPR RI Komisi III dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Sarifuddin Sudding mengurai temuan baru.

Di depan Kapolri, Sarifuddin Sudding membacakan kronologi peristiwa yang memicu Ferdy Sambo bernafsu membunuh Brigadir J.

Insiden tersebut terdiri dari dua bagian.

Pertama adalah saat Brigadir J disebut hendak menggendong Putri Candrawathi yang sedang tertidur di sofa ruang tamu rumah Ferdy Sambo di Magelang pada 4 Juli 2022.

Kedua adalah di tanggal 7 Juli 2022, yakni saat Brigadir J kedapatan memasuki kamar Putri Candrawathi di lantai dua rumah Magelang.


Dua insiden penting itu rupanya disaksikan oleh Kuwat Maruf.

"Pada siang hari si Putri tidur di sofa di ruang tamu. Lalu kemudian datang Brigadir J ingin membopong, mengangkat Putri untuk masuk dalam kamar. Melihat kejadian itu si Kuwat membentak Brigadir J agar tidak melakukan itu dan menyentuh ibu, dan mengurungkan niatnya," ujar Sarifuddin Sudding dalam RDP DPR RI bersama Kapolri pada Rabu (24/8/2022).

Usai kejadian itu, Kuwat Maruf segera menyarankan agar Putri Candrawathi melaporkan kejadian tersebut ke Ferdy Sambo.

Hingga akhirnya, Ferdy Sambo tahu soal insiden di sofa dan kamar tersebut hingga membuatnya geram.

“Marahlah Ferdy Sambo, murka, hilang akal sehatnya sebagai (jenderal polisi) bintang dua, di luar nalar kita, diajaklah ke Duren Tiga. Pada titik ini saya ingin konfirmasi benar atau tidak kronologi ini?" tanya Sarifuddin Sudding.

Atas kronologi yang disampaikan sang anggota DPR, Kapolri Listyo Sigit Prabowo memberikan respon.

Diakui sang jenderal, kronologi yang diungkapkan Sudding banyak kesamaan dengan temuan Polri.

"Dari yang disampaikan beliau ada banyak hal yang memang sesuai. Namun mohon izin, terkait motif ini, kami sementara sudah mendapatkan keterangan dari saudara FS. Namun kami ingin memastikan sekali lagi untuk memeriksa ibu PC, sehingga nanti yang kami dapat, apakah berubah atau tidak," ungkap Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

3 peran Kuwat Maruf dalam pusaran kasus pembunuhan berencana Brigadir J yang diprakarsai Ferdy Sambo turut disorot tajam oleh Komisi III DPR RI (kolase Kompas.com dan Tribunnews)
Penghasut Ferdy Sambo

Sebelum kronologi insiden di Magelang tersebut terkuak, borok Kuwat Maruf sempat diurai oleh Deolipa Yumara.

Mantan pengacara Bharada E menyebut Kuwat Maruf adalah sosok yang memfitnah Brigadir J hingga membuat Ferdy Sambo murka.

“Motif sebenarnya adalah karena si Kuwat, Kuwat ini adalah orang sipil tapi pengen berkuasa di Polisi,” kata Deolipa Yumara dilansir dari Youtube tvOne, Rabu (24/8/2022).

Deolipa Yumawa juga menyebut kalau Kuwat Maruf inilah yang sering bersitegang dengan Brigadir J semasa hidupnya.

“Dia ini kan selalu berantem sama si Yosua karena dia pengen dianggap oleh Sambo. Sebagai orang yang pertama menjaga Sambo,” kata Deolipa Yumara.

Berdasarkan hal itulah, lanjut dia, Kuwat berencana membuat fitnah untuk menyingkirkan Brigadir J.

“Sehingga timbulan propaganda-propaganda si Kuwat, dia bikin cerita tentang si Yosua ini. Sehingga dia bikin propaganda ke Sambo, sehingga marah dia,” ungkapnya.

Ia juga bahkan mengatakan bahwa rencana itu sudah disusun oleh Kuwat Maruf di Magelang.

“Di Magelang itu jalan-jalan, ke Jogja dan lainnya. Terus Kuwat bagaimana dia gengsinya, namanya juga Kuwat, direndahkan sama Yosua dia gak mau. Mengadu ke Sambo, bos itu si Yosua begini begini begini,” bebern Deolipa Yumara


S:Tribunnews.com 


Nama

Berita,1649,Internasional,131,kesehatan,4,Nasional,1562,O,4,OPINI,19,Pilihan Editor,4,Religi,2,
ltr
item
ONEinNews.com : Pantas Namanya Muncul di Kasus Ferdy Sambo, Ternyata Kuwat Maruf Tahu Tragedi Ibu Putri di Sofa
Pantas Namanya Muncul di Kasus Ferdy Sambo, Ternyata Kuwat Maruf Tahu Tragedi Ibu Putri di Sofa
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiy_wSRGM4vmG1Zt57YA9DvwniRJFWHOeN898tkDnYiT96f6YMe3zB32caVPyJPe2L3A1oW9F2m-TcHnQwnJhEIXk7Dasbg46uhhkKpYZOs4BotV5WWM4KyCnBAV7mJk5NQ20l-9UX5mMpKMQ84OIuRcg6hvbucDGR__ZLJYG1ouMyg-kU45y7B34n0XA/w640-h352/0512CFE6-D349-454B-95D2-3844CDCD4795.jpeg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEiy_wSRGM4vmG1Zt57YA9DvwniRJFWHOeN898tkDnYiT96f6YMe3zB32caVPyJPe2L3A1oW9F2m-TcHnQwnJhEIXk7Dasbg46uhhkKpYZOs4BotV5WWM4KyCnBAV7mJk5NQ20l-9UX5mMpKMQ84OIuRcg6hvbucDGR__ZLJYG1ouMyg-kU45y7B34n0XA/s72-w640-c-h352/0512CFE6-D349-454B-95D2-3844CDCD4795.jpeg
ONEinNews.com
https://www.oneinnews.com/2022/08/pantas-namanya-muncul-di-kasus-ferdy.html
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/
https://www.oneinnews.com/2022/08/pantas-namanya-muncul-di-kasus-ferdy.html
true
779480630151985486
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Selengkapnya Balas Cancel reply Hapus Oleh Beranda Halaman Postingan View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE CARI ALL POSTS Not found any post match with your request KEMBALI KE BERANDA Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jum'at Sabtu Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS CONTENT IS PREMIUM Please share to unlock Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy